Tahun 2182 Bumi Dihantam Asteroid Setara 100 Bom Nuklir

Ilustrasi

Badan Antariksa Amerika Serikat NASA memperkirakan sebelum tahun 2200 Bumi akan bertabrakan dengan asteroid 1999 RQ36 yang mempunyai daya rusak setara dengan 100 bom nuklir yang diledakkan sekaligus.

NASA pun sedang mempertimbangkan mengirimkan satelit tak berawak ke asteroid yang berpotensi menghantam Bumi. Jika rencana NASA mendapat ‘lampu hijau’, satelit akan diluncurkan pada 2016 untuk memetakan dan mengumpulkan sampel asteroid — yang lebarnya 1.800 kaki atau sekitar 548,64 meter.

Berdasarkan analisa, kemungkinan besar asteroid 1999 RQ36 akan menubruk Bumi pada 24 September 2182. Para ilmuwan ingin terus mengumpulkan sampel batu asteroid untuk membantu memperkirakan lintasannya secara lebih akurat.

Proyek pengiriman satelit yang disebut ‘OSIRIS-Rex’ adalah satu dari dua ‘finalis’ dalam kompetisi untuk mencari pendanaan.

Pesaingnya adalah misi pendaratan di Planet Venus. Kedua proyek ini akan dibahas dalam lokakarya dua hari di Washington, yang dimulai Selasa 10 Agustus 2010. Projek mana yang didahulukan akan diumumkan tahun depan.

NASA telah resmi mengklasifikasikan RQ36 sebagai asteroid ‘berbahaya’ saat ia melintas 280.000 mil dari Bumi. Dengan jaraknya yang makin mendekati Bumi, asteroid ini lebih terjangkau dari yang lain.

Clack Chapman, ilmuwan planet di Southwest Research Institute di Boulder, Colorado mengatakan dampak RQ36 adalah ledakan dahsyat yang menghancurkan.

“Akan sangat dahsyat, seperti 100 bom nuklir kuat meledak secara bersamaan, menciptakan kawah yang lebarnya sekitar 10 kilometer,” ucapnya.

Panel pakar yang ditunjuk oleh Presiden, Barack Obama telah menyarankan, program ruang angkasa NASA masa depan harus melampaui Bulan. Ilmuwan lebih menyarankan misi pendaratan ke asteroid yang nyata mengancam Bumi.

Sementara, Badan Antariksa Eropa, European Space Agency pada 2008 mengumumkan,  mereka akan memilih sebuah asteroid kecil, kurang dari 0,6 kilometer, di dekat Bumi dan mengirim sebuah pesawat ruang angkasa untuk mengebor untuk debu dan puing-puing yang akan dianalisis.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: