Usama bin Laden

Jon Basil Utley, seorang ahli ekonomi di Atlas Economic Research Foundation and the Mises Institute mencoba menganalisis penyebab kebangkrutan AS dalam kurun waktu hanya satu bulan belakangan ini saja. Menurut pakar yang juga ketua America Against Bombing ini, jika hendak ditelusuri lebih lanjut, penyebab kebangkrutan AS adalah Usamah bin laden. Kok?

Menurut Utley, Usamah Bin Laden mengerti bahwa untuk mengalahkan AS adalah dengan membalikkan tenaga negara adidaya itu terhadap dirinya sendiri. Tujuan pertamanya adalah untuk membangkrutkan AS. Dia mengetahui kelemahannya, dan dia sangat memahami kelemahan AS, bagaimana kebanggaan dan ketakutannya bisa memicu reaksi-reaksi yang irasional dan menghancurkan diri sendiri (self-destructive).

Berikutnya, Utley juga memperlihatkan kejeniusan Usamah bin Laden dalam memancing AS dengan serangan-serangan “kecil” yang hanya menghabiskan beberapa ratus ribu dollar, tetapi kemudian menarik AS ke dalam dua perang bernilai multi-triliun-dollar yang tak berujung, yang bahkan AS sendiri tidak tahu jalan keluarnya (sebagai contoh jelas adalah invasi atas Afghanistan dan Irak).

Peristiwa Serangan 11 September (The Manhattan Raid 9/11) menjadi awal pemicu terbesar di mana AS membuat anggaran gila-gilaan sepanjang sejarah negara itu berdiri. Walaupun wacana penyerangan 9/11 sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelum hari H, seperti diungkapkan oleh Tommy Frank salah seorang Jenderal AS, tetapi tetap saja AS memerlukan lompatan dan alasan besar untuk mulai melancarkan aksinya.

Ketika 9/11 akhirnya meletus, maka dimulailah invasi AS terhadap Afghanistan dengan dalih mencari Usamah, dan kontan invasi ini menarik dollar dalam jumlah trilyun-an. Dan secara otomatis, AS terjebak dalam sebuah perang yang tak ketahuan juntrungannya, karena sampai saat ini AS sendiri tidak tahu di mana keberadaan Usamah. Yang lebih menyedihkan lagi, setelah lewat lebih dari 7 tahun, masyarakat AS mulai sadar bahwa dalang peristiwa 9/11 hampir tidak mungkin dilakukan oleh Usamah bin Ladin.

(Jon Basil Utley: AS bangkrut karena Usama bin Laden)

Utley kemudian menguraikan lima hal yang menurutnya menjadi penyebab keruntuhan Amerika, yang pada intinya, dia melihat bahwa semua itu bersumber dari terkurasnya anggaran belanja Amerika dan terbebaninya ekonomi Amerika secara jangka panjang oleh hutang (yang melonjak dari $5 triliun hingga menjadi $10 triliun, belum terhitung triliunan dollar hutang Amerika baru-baru ini) untuk membiayai perang melawan Al-Qaida yang ternyata bertahan lama dan terus menggerogoti ekonomi Amerika dan sekutunya.1osamahbin

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: