Di Semua Pidato, Hillary Clinton Puji Indonesia

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Hillary Rodham Clinton akhirnya menapakkan kaki di Indonesia kemarin (18/2). Ujung tombak diplomasi Presiden AS Barack Hussein Obama itu mendarat di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 14.13 dengan menggunakan pesawat kenegaraan Boeing 757 US Air Force.

Dalam semua kesempatan pidato, istri mantan Presiden AS Bill Clinton tersebut menebar pujian kepada Indonesia. Dalam acara terakhir pada hari pertama kunjungannya, yakni makan malam (dinner) bersama 75 tokoh Indonesia di Gedung Arsip Nasional tadi malam, Hillary menyebut Indonesia sebagai negara Islam yang paling sukses menjalankan demokrasi. Selain itu, Hillary memuji kemajuan perempuan Indonesia.

”Kalau Anda ingin melihat muslim, demokrasi, dan kemajuan perempuan, datanglah ke Indonesia,” ujar Hillary. Mantan first lady itu berjanji akan mengatakan hal itu kepada negara lain yang bakal dikunjunginya setelah Indonesia.

Dalam pidato tanpa teks, Hillary juga menyampaikan pengalamannya saat datang ke Indonesia sekitar 15 tahun lalu. Dia ingat betul bagaimana pengalamannya saat mengujungi Jogjakarta dan melihat aktivitas perempuan di posyandu untuk memeriksa kesehatan balita.

Acara makan malam yang dimulai pukul 19.00 itu juga dihadiri sejumlah tokoh. Di antaranya, putra mantan Presiden RI B.J. Habibie Ilham Habibie; mantan Wakil Ketua KPK Erry Iriyana, Nong Darol Mahmada (aktivis Jaringan Islam Liberal), Teten Masduki (ICW), Lily Zakiyah Munir (Cepdes), dan Asmara Nababan.

Hadir juga Suciwati, istri aktivis HAM alm Munir, anggota DPR Djoko Susilo, Pramono Anung (PDIP), Imam Prasodjo, Azyumardi Azra, Komarudin Hidayat (rektor UIN), dan Kardinal Julius Darma Atmadja. Sedangkan dua tokoh ormas terbesar, yaitu Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin dan Ketua Tanfidz PB NU Hasyim Muzadi, malah tidak terlihat hingga acara usai. Setelah acara makan malam, dilanjutkan dengan sesi khusus yang tertutup bagi wartawan untuk berbincang antara tamu undangan dan Hillary.

Saat datang di Bandara Halim Perdanakusuma, Hillary disambut Wakil Menteri Luar Negeri RI Triyono Wibowo dan Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Deplu Retno Marsudi. Hillary yang saat itu mengenakan blazer berwarna merah juga dibuat ceria oleh 44 murid SD Menteng 01 dengan sajian lagu Keroncong Kemayoran dan Sigulempong. Hillary dengan jenaka berusaha mengikuti lagu yang baru didengarnya itu sambil sesekali menggoyangkan kepala. Saat lagu berakhir, Hillary memberikan aplaus dan mendekati para siswa untuk berfoto bersama. Kebahagian Hillary semakin terpancar ketika perwakilan siswa memberi dia buket karangan bunga.

Sambil melambai-lambaikan tangan kepada siswa SD yang membawa bendera Merah Putih di tangan kanan dan bendera AS the Stars and Stripes di tangan kiri, Hillary kemudian menuju mobil penjemput yang membawanya ke tempat dia menginap di Hotel Four Seasons.

Sekitar pukul 16.15, rombongan Hillary melaju ke Kantor Departemen Luar Negeri. Mantan Senator New York itu kali ini mengganti busananya dengan setelan blazer warna biru muda. Begitu turun dari mobil, Hillary melemparkan senyum kepada semua wartawan yang telah menanti di depan Ruang Pancasila. ”Excellent. It’s happy to be back,” ujar Menlu Hillary ketika ditanyai kabarnya oleh wartawan.

Hillary disambut Menlu Hassan Wirajuda. Setelah bersalaman dan berbincang-bincang sejenak, keduanya menuju Ruang Pancasila guna membahas hal-hal terkait hubungan bilateral Indonesia-AS. Setelah pertemuan sekitar 45 menit, Hillary didampingi Menlu Hassan mengadakan jumpa pers.

Dalam keterangan kepada wartawan, Hillary mengatakan bahwa AS di bawah kepemimpinan Presiden Obama berkomitmen akan mengurangi budaya diplomasi ”mendikte”. Menurut dia, AS berencana untuk menerapkan smart power dalam mengampanyekan demokrasi bagi dunia Islam. Mantan pengacara sukses di AS itu juga memuji kemajuan Indonesia dalam 10 tahun terakhir, khususnya dalam menangani isu teroris dan separatisme.

Di sela-sela keterangannya, Hillary sempat menyampaikan salam kepada rakyat dan pemerintah Indonesia dari Presiden Obama. Menurut dia, AS menilai bahwa Indonesia adalah negara yang cukup penting dan dirinya membawa pesan dari Presiden Obama yang telah mengatakan dan menuliskan betapa pentingnya masa kanak-kanaknya ketika tinggal di negeri ini.

Sejumlah hal menarik terjadi ketika Jawa Pos mengikuti rangkaian kunjungan Menlu AS Hillary ke sejumlah lokasi. Dalam beberapa kesempatan tampak sejumlah staf protokol Hillary melakukan pengamanan ekstraketat. Sebelum memberikan keterangan pers kepada media di Kantor Deplu, misalnya, tampak dua kali air mineral yang dihidangkan di podium diperiksa. Dan dua kali pula air tersebut diganti dengan air kemasan dari botol yang masih disegel rapat.

Pagi ini, Hillary Clinton dijadwalkan akan mengadakan pertemuan dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: